22.4 C
Hong Kong
Sunday, March 29, 2020

Psikosomatik, Emosi dan Stres Pikiran Yang Menyebabkan Rasa Sakit ditubuh

Baca juga

Kepala Sekretaris Administrasi Hong Kong Matthew Cheung mengatakan hari ini, Minggu (29 maret 2020) bahwa polisi telah menangkap lebih dari 70 orang yang dalam masa karantina namun melanggar perintah karantina dengan cara keluar rumah.
Pemerintah Hong Kong mengumumkan kemarin, Sabtu (28 maret 2020) bahwa mulai hari ini, Minggu (29 maret 2020) mengimbau masyarakat...
Panic Buying dimulai setelah ada desas-desus segar bahwa Thailand akan berhenti mengekspor berasnya ke Hong Kong dalam beberapa hari terakhir.

kamu pernah mengalami rasa kekhawatiran yang sangat hingga tubuhmu berasa sakit?.
Jika pernah, itu pertanda kemungkinan kamu mengalami Psikosomatik.

Apa itu Psikosomatik?

Dilansir dari Alodokter, Psikosomatik adalah suatu kondisi atau gangguan ketika pikiran dan emosi yang memengaruhi tubuh, hingga memicu munculnya keluhan fisik.

Penyakit psikosomatik berasal dari atau diperburuk oleh stres emosional dan bermanifestasi dalam tubuh sebagai rasa sakit fisik dan gejala lainnya. Depresi juga dapat berkontribusi pada penyakit psikosomatik, terutama ketika sistem kekebalan tubuh telah melemah oleh stres berat.

Dikutip dari verywellmind, kesalahpahaman yang umum bahwa kondisi psikosomatik adalah imajiner atau semuanya ada di kepala.
Namun pada kenyataannya, gejala fisik dari kondisi psikosomatik adalah nyata dan memerlukan perawatan sama seperti penyakit lainnya.

Apa Gejala Psikosomatik?

Psikosomatik biasanya berawal dari masalah psikologis, seperti takut, stres, depresi, atau cemas.

Berikut adalah gejala-gejala Psikosomatik yang muncul, antara lain:

  • Sakit perut atau nyeri ulu hati,
  • Gemetar (tremor),
  • Sakit gigi,
  • Sakit kepala dan migrain,
  • Berkeringat,
  • Sakit punggung belakang,
  • Bernapas dengan cepat,
  • Jantung berdebar-debar.

Tanda-tanda stres tubuh mungkin berbeda tergantung pada apakah kamu secara biologis laki-laki atau perempuan. Misalnya, wanita sering melaporkan gejala-gejala seperti kelelahan meskipun cukup tidur, mudah marah, perut kembung, dan perubahan periode menstruasi mereka.
Tanda dan gejala stres pada pria, di sisi lain, lebih cenderung mencakup nyeri dada, peningkatan tekanan darah, dan perubahan dorongan seksual.

Gejala stres juga bervariasi berdasarkan usia.
Anak-anak sering menunjukkan stres melalui tubuh mereka karena mereka belum mengembangkan bahasa yang mereka butuhkan untuk mengomunikasikan perasaan mereka. Misalnya, seorang anak yang mengalami kesulitan di sekolah mungkin sering sakit perut dan mungkin dikirim pulang atau diminta untuk tinggal di rumah.

Stres pada masa remaja bisa sangat intens, terutama selama periode penyesuaian sosial utama dan perubahan hormon.

Kadang-kadang, tanda-tanda stres pada orang dalam kelompok usia ini mungkin terlewatkan atau dikaitkan dengan “kecemasan remaja” ketika itu benar-benar merupakan tanda depresi remaja.

Para lansia juga rentan terhadap depresi, karena mereka sering berhadapan dengan beberapa faktor, seperti isolasi, kehilangan dan kesedihan, dan masalah kesehatan kronis atau serius.

Jika kamu merawat orang yang dicintai yang menua, pastikan kamu tahu tanda-tanda depresi pada orang dewasa yang lebih tua.

Cara Mengobati Psikosomatik

Jika kamu mengalami Psikosomatik, cobalah untuk mengelola stres, kecemasan dan depresi sedini mungkin, agar tidak mengalami ganguan psikosomatik yang akan memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan.
Kamu juga bisa berkonsultasi dengan psikiater bila mengalami gangguan mental atau psikologi lainnya, sebelum gangguan tersebut menimbulkan penyakit fisik.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
Hong Kong
scattered clouds
22.4 ° C
25 °
20 °
73 %
9.3kmh
40 %
Sun
22 °
Mon
24 °
Tue
24 °
Wed
25 °
Thu
24 °
- Advertisement -

Latest News

Polisi Tangkap Lebih Dari 70 Orang Yang Melanggar Perintah Karantina di Hong Kong, Semua Akan dituntut

Kepala Sekretaris Administrasi Hong Kong Matthew Cheung mengatakan hari ini, Minggu (29 maret 2020) bahwa polisi telah menangkap lebih dari 70 orang yang dalam masa karantina namun melanggar perintah karantina dengan cara keluar rumah.

Duuuh…Pemerintah Hong Kong Sudah Keluarkan Larangan, Tapi Masih Banyak...

Pemerintah Hong Kong mengumumkan kemarin, Sabtu (28 maret 2020) bahwa mulai hari ini, Minggu (29 maret 2020) mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perkumpulan atau...

Panic Buying di Tin Shui Wai dan North Point,...

Panic Buying dimulai setelah ada desas-desus segar bahwa Thailand akan berhenti mengekspor berasnya ke Hong Kong dalam beberapa hari terakhir.

Positif Corona, Kabid Dinas Kesehatan Bogor Meninggal Dunia

Seorang petugas Kepala Bidang (Kabid) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor meninggal dunia akibat virus Corona pada hari Jumat (27 maret ) malam dunia di Ruang Isolasi RSUD Kota Bogor.

Update Corona 28 Maret: 1.155 orang di Indonesia Positif...

Berdasarkan data yang diperlihatkan pemerintah melalui website Covid19.go.id, terlihat bahwa korban meninggal dunia akibat virus corona per hari Sabtu juga bertambah 8,831% menjadi 102 orang.
- Advertisement -

Recommended

- Advertisement -