15.6 C
Hong Kong
Thursday, December 5, 2019

Jadi TKW Bukan Sebuah Cita-Cita, Tapi Salah Satu Jalan Dalam Mencapai ASA

Bukan hanya Pahlawan Devisa bagi Negara , TKW juga merupakan Pahlawan bagi keluarga mereka.

Baca juga

MTR mengatakan mengakhiri layanan lebih awal dari biasanya setiap malam diperlukan untuk memberikan waktu kepada pekerja untuk memperbaiki fasilitas yang telah rusak.
Para demonstran meneriakkan slogan-slogan yang menyerukan agar pasukan dibubarkan dan menyorotkan laser ke kantor polisi.
Demonstrasi yang diselenggarakan oleh CHRF telah menarik banyak orang sejak krisis RUU ekstradisi meletus awal Juni lalu, dengan kelompok itu mengatakan sekitar dua juta orang ikut serta dalam pawai mereka pada 16 Juni silam.
kartini lasiyohttp://hariankartini.com
Seorang Buruh Migran Indonesia di Hong Kong yang Hobi makan dan jalan-jalan
- Advertisement -

Istilah TKW, singkatan dari Tenaga Kerja Wanita atau istilah yang dipakai untuk mendeskripsikan seorang wanita yang bekerja diluar negeri sebagai Pekerja Rumah Tangga ( PRT ) suah tidak asing lagi dimaa atau telinga orang Indonesia.

TKW selalu dipandang sebelah mata oleh sebagian orang.

Mungkin karena pekerjaan yang digelutinya, karena TKW selalu identik dengan pekerjaan Rumah tangga seperti Cuci Toilet , Ngepel , Cuci Baju, Masak untuk keluarga majikan dan lain sebagainya.

Walau pekerjaan TKW yang sama seperti yang dilakukan para Ibu Rumah Tangga kebanyakan, namun status TKW tetap masih dipandang rendah.

Mungkin juga karena mayoritas pekerja yang bekerjasebagai TKW cenderung mempunyai latar belakang pendidikan yang rendah , dari Sekolah Dasar ( SD) dan Sekolah Menengah Pertama ( SMP ).

Memang , ada sebagian yang berpendidikan Sekolah Menengah Akhir ( SMA) atau bahkan sarjana.

TKW adalah PAHLAWAN


Bukan hanya Pahlawan Devisa bagi Negara , TKW juga merupakan Pahlawan bagi keluarga mereka.

Gaji atau Upah TKW bisa dibilang besar, sesuai dengan negara tujuan mereka.

Dengan gaji yang besar, memang ada sebagian dari mereka yang salah jalan dengan menggunakan uangnya untuk berfoya-foya, membeli apapun yang mereka suka , memuaskan nafsu belanjanya.

Namun, tak sedikit dari mereka yang berhasil meraih mimpinya ,dari berhasil menyekolahkan Anak atau saudaranya hingga kejenjang perguruan Tinggi, membangun Istana bagi keluarga atau orangtua mereka , sampai membuka usaha hingga menyediakan lowongan kerja bagi tetangganya.

Tahukah kamu , dibalik semua itu , ada perjuangan yang sangat besar, yang mungkin kamu tidak mengetahuinya.

Menjadi TKW artinya kamu menjadi pekerja atau istilah kasarnya adalah Pembantu dirumah orang yang membutuhkan tenagamu dengan imbalan bayaran setiap bulannya ( Majikan ).

Setiap orang punya nasib yang berbeda, ada dari mereka yang mendapatkan majikan baik , pengertian hingga memenuhi segala keperluanmu. Dan sebaliknya, ada dari mereka yang mendapatkan majikan rewel , yang membuat kita serba salah dalam bekerja , bahkan untuk makan saja , kadang kita harus mengeluarkan uang sendiri.

 

Mereka bisa saja mengadu kepada pihak terkait yang ada dan siap sedia membantu mereka , namun…. kadang mereka berpikir ‘ahh……. cuman 2 tahun saja, pasti kuat , demi biaya sekolah anak‘ .

Begitulah , demi orang yang mereka cintai, kadang mereka tetap bertahan walau keadaan bekerja mereka sangat memprihatinkan.

Bersambung >>

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
Hong Kong
few clouds
15.6 ° C
16.7 °
14.4 °
31 %
7.7kmh
20 %
Thu
16 °
Fri
20 °
Sat
20 °
Sun
19 °
Mon
21 °
- Advertisement -

Latest News

Polisi Setujui Aksi Unjuk Rasa di Causeway Bay Minggu Ini

Demonstrasi yang diselenggarakan oleh CHRF telah menarik banyak orang sejak krisis RUU ekstradisi meletus awal Juni lalu, dengan kelompok itu mengatakan sekitar dua juta orang ikut serta dalam pawai mereka pada 16 Juni silam.

Gempabumi Berkekuatan 1.4 Magnitudo Guncang Hong Kong

Observatorium itu mengatakan pusat gempa itu sekitar 16 kilometer barat daya dari markas besarnya di Tsim Sha Tsui.

Minggu Ini, Front Hak Asasi Manusia Akan Gelar Aksi...

Jimmy Sham, penemu Organisasi Front Hak Asasi Manusia Sipil atau Civil Human Rights Front (CHRF) menyatakan hari ini, Selasa (3 desember 2019) bahwa unjuk rasa yang semula dijadwalkan akan dimulai dari Victoria Park di Causeway Bay pada hari Minggu (8 Desember 2019) tidak akan diubah menjadi pertemuan yang diusulkan oleh polisi karena mereka khawatir akan terjadi bentrokan seperti aksi unjuk rasa sebelumnya.

Prakiraan Cuaca: Minggu Ini Cuaca di Hong Kong ...

Pergerakan Monsun yang intensif diperkirakan akan mencapai pantai Guangdong pada hari Kamis. Sementara itu, sekelompok awan akan membawa cuaca hujan ke wilayah tersebut. Cuaca juga akan menjadi dingin secara bertahap dan berangin di Hong Kong di bagian tengah dan akhir minggu ini.

Jatuh ke Laut, 3 Buruh Migran di Taiwan Meninggal...

Pemadam kebakaran setempat menanggapi sebuah laporan pada pukul  5:35 sore, dan segera mengirim tim penyelamat untuk menyelamatkan para korban dari laut, katanya.
- Advertisement -

Recommended

- Advertisement -