25.8 C
Hong Kong
Tuesday, November 12, 2019

Cara Mudah Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online atau e-Klaim

Baca juga

Para pengunjuk rasa berkumpul di berbagai lokasi di seluruh Hong Kong pada hari Minggu (10 november 2019) untuk berduka...
Seorang wanita berusia 30 tahun yang diyakini merupakan Pekerja Rumah tangga di Singapura meninggal dunia akibat kecelakaan di sepanjang...
Indomie atau salah satu dari sekian banyak produk kebanggaan masyarakat Indonesia masuk dalam 10 terbaik dari 31 mie instan...
- Advertisement -
Cara Mudah Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online atau e-Klaim
Screengrab website BPJS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau dulu dikenal dengan Jamsostek adalah program perlindungan sosial ekonomi bagi tenaga kerja Indonesia . Program ini diberikan melalui pemberian sejumlah dana yang dapat dicairkan (klaim) .

Tentunya dengan beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi.

kamu bingung cara mengklaim BPJS mu ?Berikut cara klaim BPJS ketenagakerjaan yang harus kamu ketahui:

Seperti dikutip dari PanduanBPJS ,pencairkan dana BPJS dapat dilakukan melalui kantor BPJS Ketenagakerjaan.
Cara ini memang sedikit lebih merepotkan ketimbang secara online atau yang lebih dikenal dengan e- Klaim. Selain harus rela antri lama, beberapa kantor BPJS Ketenagakerjaan akan menerapkan sejumlah kebijakan yang harus dipenuhi seperti legalisir formulir dan lain-lain.

Kadang yang lebih merepotkan adalah jika kantor menerapkan sistem kuota mengingat sangat banyaknya antrian setiap hari nya.
Oleh sebab itu, untuk memberikan kemudahan kepada peserta yang ingin mengajukan klaim maka proses klaim juga bisa dilakukan secar Online.
[ads-post]

Bagaimana Cara Pencairan Dengan Sistem Online e- klaim?

Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan secara online atau e-klaim. Mencairkan secara online atau e-klaim memberikan lebih banyak kemudahan bagi para penggunanya.

Karena prosesnya lebih cepat, dan tidak perlu antri panjang, beberapa kelengkapan data yang harus diisi juga bisa dilakukan di rumah.

Berikut cara pengajuan Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online dengan sistem e-Klaim:

  • Buka Website Untuk mengisi Data Di Formulir Online e-klaim,
  • Langkah awal cara klaim BPJS ketenagakerjaan melalui e-klaim adalah membuka web resmi BPJS Ketenagakerjaan yaitu sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs.
    Setelah itu buat akun dengan mengisi form online.
    Data yang dibutuhkan seperti : Nomor KTJ aktif, Nama, tanggal lahir, Nomor E-KTP, dan Nomor handphone yang masih aktif.
    Data yang paling penting adalah : alamat email.
    Pastikan alamat email yang dimasukkan masih aktif karena lewat email ini selanjutnya akan mendapatkan kode verifikasi. Isi beberapa data tersebut agar semua proses dapat berjalan lancar.
  • Tunggu Email Berisi Kode Aktivasi
  • Setelah selesai mengisi semua form, langkah selanjutnya adalah menunggu email dari BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya email tersebut akan berisi kode verifikasi untuk aktivasi. Setelah mendapat kode tersebut, masukkan lalu klik tombol Submit.
  • Memilih Menu Sesuai Tujuan
  • Selanjutnya setelah mengklik tombol Submit, akan masuk ke laman BPJS Ketenagakerjaan Personal Service.
    Laman ini hanya bisa diakses oleh pengguna yang telah terverifikasi. Masuk menu e-klaim untuk yang hendak mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan.

Mengecek Kembali Kelengkapan Isi Formulir E- klaim
Dalam menu e-klaim  akan muncul formulir Pengajuan Klaim Elektronik.
Isi data tersebut misalnya data pilihan aksi dengan memilih “Pengajuan Klaim” atau jenis klaim pilihan kondisi dengan mengisi “mengundurkan diri”.
Selanjutnya klik SubmitForm , pada bagian “ Informasi transaksi” klik “lanjutkan”.

Semua data yang ada di formonline harus diisi lengkap walaupun ada beberapa kolom yang terisi otomatis. Biasanya agar lebih mudah bisa dilakukan dengan mengisi kantor cabang jamsostek sesuai kota tempat tinggal.

Tunggu SMS Atau Email Informasi PIN
Setelah mengisi semua data form maka akan mendapat kode verifikasi atau PIN yang masuk ke email atau lewat sms. Isi data lengkap pada laman “pengajuan klaim elektronik” . Perlu dingat pada tahap ini banyak data yang bersifat pribadi seperti nomer rekening dan nama bank tempat transfer dana.

Menyiapkan Dokumen Untuk e- Klaim Yang Akan Di Upload
Jika mencairkan dana BPJS melalui kantor (offline) diminta menyerahkan copyan dokumen klaim, maka dengan cara e-klaim (online) dokumen tersebut harus discan. Untuk selanjutnya hasil scan tersebut dilampirkan dalam formulir isian. Dokumen untuk pencairan secara offline sama dengan cara online.

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebelum mengajukan klaim :

  • Fotocopy dan Asli KTP
  • Fotocopy dan Asli kartu peserta BPJS TK/Kartu JAMSOSTEK
  • Fotocopy dan Asli Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy dan Asli Paklaring (surat keterangan berhenti bekerja)
  • Fotocopy dan Asli buku tabungan bank

Menunggu Konfirmasi Dari BPJS Ketenagakerjaan
Jika data yang telah diisi semua sudah lengkap dan benar, maka akan muncul pemberitahuan lewat email yang memberitahu data telah berhasil direkam. Semua data dalam proses konfirmasi dan persetujuan kantor cabang yang dipilih pemohon.

Proses validasi dari BPJS Ketenagakerjaan biasanya membutuhkan waktu selama 1×24 jam. Jika email konfirmasi lanjutan sudah diterima, segera cetak surat konfirmasi tersebut. Biasanya akan diminta datang ke kantor cabang dengan membawa dokumen asli maupun copyannya.

Transfer Saldo Di Kantor BPJS Ketenagakerjaan
Setelah datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan segera tunjukkan dokumen serta konfirmasi email yang telah dicetak pada petugas. Untuk yang melalui jalur onlineantrian tidak akan memakan waktu yang lama. Selanjutnya akan dipanggil untuk dijelaskan proses transfer saldo yang umumnya membutuhkan waktu 10 hari kerja.

(Credit : panduanbpjs.com)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
Hong Kong
scattered clouds
25.8 ° C
28.9 °
22.8 °
65 %
5.1kmh
40 %
Tue
25 °
Wed
26 °
Thu
25 °
Fri
24 °
Sat
25 °
- Advertisement -

Latest News

Gangguan Transportasi Terus Berlanjut dan Menyebar diseluruh Hong Kong Untuk Menunjukan Kemarahan Setelah Seorang Pengunjuk Rasa Kritis Akibat di Tembak Polisi

Gangguan transportasi diperkirakan akan bertahan di seluruh Hong Kong pada hari Senin (11 november 2019) ketika pengunjuk rasa yang...

Pria di Ma On Shan Dalam Kondisi Kritis Setelah...

Sebuah video klip mengerikan beredar luas di media sosial pada hari Senin (11 november 2019) sekitar pukul 12:53 siang menunjukkan seorang pria dibakar menyusul...

Satu Pengunjuk Rasa Ambruk Berlumuran Darah Setelah ditembak Polisi...

Setidaknya satu lagi pengunjuk rasa ditembak oleh Polisi dalam jarak dekat di Sai Wan Ho pada Senin(11 november 2019) pagi ketika pengunjuk rasa di...

Pendaftaran CPNS Telah dibuka Hari Ini, Berikut Persyaratan dan...

Pendaftaran dan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah dibuka hari ini, Senin (11november 2019). Berdasarkan surat pengumuman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi...

Jadi Sasaran Aksi Protes, Banyak Jalan dan Transportasi Kereta...

Beberapa jalur MTR lumpuh pada Senin (11 november 2019) pagi ketika pengunjuk rasa anti-pemerintah mengganggu layanan kereta api dan jalan di seluruh wilayah untuk...
- Advertisement -

Recommended

- Advertisement -